[Valid RSS] DPRD PPU Dukung Langkah Pemda Naikkan Status RSUD dari Tipe C ke B - kabarikn

DPRD PPU Dukung Langkah Pemda Naikkan Status RSUD dari Tipe C ke B

KabarIkn.com,Penajam - DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mendukung langkah pemerintah daerah (Pemda) yang akan menaikkan status RSUD di penajam dari tipe C ke B.

Menurut Wakil Ketua I DPRD PPU, Raup Muin mengatakan, dengan ditingkatkan tipe ini juga akan meningkat pelayanan dan ruang fasilitas lainnya.

"Saya pikir dengan anggaran yang ada memang menjadi sebuah kewajiban pemerintah daerah untuk menyiapkan segala fasilitas, apalagi kesehatan. Tapi bukan hanya kesehatan, pendidikan juga dan lain-lain," kata Raup Muin.

Lebih lanjut, ditanya tentang penambahan instensif bagi dokter, Raup Muin setuju selama masih dalam regulasi dan pemanfaatan yang jelas.

Dijelaskannya, bahwa tenaga kesehatan khususnya dokter di PPU masih mengambil SDM dari luar daerah. Sehingga dengan nantinya akan diberikan tunjangan dan fasilitas tambahan, apakah dapat menjalin komitmen bersama dalam pelayanan kesehatan ke masyarakat.

"Pelayanan ini 24 jam gitu yakan, jangan pagi, sore hilang gitu. kalau memang itu ga jadi masalah demi untuk masyarakat PPU gitu, tapi kalau dicari tidak ada kan jadi pertanyaan juga, untuk apa di berikan fasilitas yang besar," tandasnya.

Dengan itu, kedepannya Raup Muin berencana akan menyiapkan beasiswa full bagi putra daerah untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam mengisi di RSUD PPU.

"Kuliahkan sampai selesai, bikin agreement perjanjian, selesai itu dia harus mengabdi jangka 5 atau 10 tahun setelah itu. Yang sekarang inikan tidak bisa, beasiswa itu begitu selesai gamau pulang, karna kurangnya perjanjian komitmen awal, makanya kami juga kalau itu (penambahan instensif) diajukan pasti kami bertanya," pungkasnya.(ziq/adv)