[Valid RSS] DPRD PPU Minta Percepatan Pembangunan Bendungan Telake Segera Diselesaikan - kabarikn

DPRD PPU Minta Percepatan Pembangunan Bendungan Telake Segera Diselesaikan

KabarIkn.com,Penajam - DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mendorong percepatan pembangunan Bandungan Telake di Kecamatan Babulu, PPU segera diselesaikan.

Hal itu disampaikan oleh anggota DPRD PPU, Syamsuddin Alie yang mengatakan perekonomian di PPU salah satunya ditopang dari sektor pangan. Sehingga ketersediaan pangan di PPU kedepan akan menjadi penyumbang bagi masyarakat hingga di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Oleh karena itu, Syamsuddin meminta progres pembangunan Bandungan telake di kecamatan Babulu dapat segera diselesaikan demi menyokong sektor pangan di bidang pertanian.

"Saat ini kan di tengah situasi kondisi pangan yang serba tidak ada kepastian dari sisi harga, paling tidak ini barangkali jadi skala prioritas buat pemerintah kita, terutama di ketersediaan lahan pangan itu," kata Syamsuddin Alie.

Lebih lanjut, ia menjelaskan untuk saat ini berbicara tentang ekonomi saat ini bersumber dari pangan. Tentunya ini sebagai bahan yang paling utama bagi masyarakat, untuk itu percepatan pembangunan tersebut menjadi support prioritas kedepannya.

"Terlebih kita kan menghadapi IKN ini, karena ini sudah kita melihat sekarang banyaknya manusia yang berdatangan ke Kaltim ini, tetapi semua bahan pangan kita kan kita mesti mendatangkan dari luar," tandasnya.

Kemudian, dengan percepatan untuk realisasi Bendungan telake ini sangat perlu dibangun mengingat saat ini banyak lahan beralih fungsi dari sektor pertanian ke perkebunan.

"Ini kita tidak bisa pungkiri, karena kan orang mau bicara hasil tentu ya orang juga butuh makan, petani juga butuh makan, kalau mereka hanya satu tahun satu kali, ya apa yang mereka bisa harapkan," ucapnya.

"Nah seharusnya paling tidak ya mereka bisa lakukan tanam itu dengan dua kali bahkan sampai tiga kali, diselingi dengan palawija, seperti daerah-daerah sulawesi lah dengan Jawa itu, itu paling tidak menjadi barometer kita kedepan," sambungnya.(ziq/adv)