[Valid RSS] Kepala Loka POM Balikpapan : 26 Sampel Takjil Dinyatakan Negatif dari Bahan Pengawet - kabarikn

Kepala Loka POM Balikpapan : 26 Sampel Takjil Dinyatakan Negatif dari Bahan Pengawet

KabarIkn.com,Balikpapan – Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) Kota Balikpapan Bersama Pemerintah Kota melakukan sidak pengecekan beberapa sampel makanan dan minuman yang dijual di Pasar Ramadhan Balikpapan Baru dan Ruko Bandar Klandasan, Selasa (19/03/2024).

Kepala Loka POM Kota Balikpapan, Gerson Pararak menyampaikan terdapat 26 sampel makanan dan minuman yang diambil oleh LOKA POM, setelah dilakukan pengujian semua sampel dinyatakan negative dari bahan pengawet maupun formalin.

“ Adapun bahan yang diuji terdiri dari formalin, pewarna metanil yellow, rodamin, serta borax juga diuji dan semua hasilnya negatif. Sehingga makanan yang dijual tersebut aman dijual dan dikonsumsi Masyarakat,” ujarnya.

Ada berbagai macam – macam sampel yang diuji oleh Loka POM yaitu seperti es, kerupuk, pentol bakso, kue-kue basah dan juga gorengan. Cara pengujian makanan dan minuman tersebut menggunakan sistem uji cepat memakai test kit.

“ Untuk efektifitasnya sendiri karena ini cukup sensitif maka jika ditemukan sampel yang positif mengandung bahan pewarna dan pengawet maka akan dilakukan uji secara lengkap di laboraturium menggunakan alat yang lebih lengkap,” pungkasnya.(tri)