[Valid RSS] Pemerintah Kota Balikpapan Gelar Sidak Pasar Ramadhan - kabarikn

Pemerintah Kota Balikpapan Gelar Sidak Pasar Ramadhan

KabarIkn.com,Balikpapan – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan Bersama para unsur Forkopimda dan OPD melaksanakan kegiatan Inspeksi Dadakan (Sidak) di dua Pasar Ramadhan yang terletak di Ruko Bandar Klandasan dan Balikpapan Baru, Selasa (19/03/2024).

Pada kegiatan sidak ini Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Alwiati Bersama Asisten Administrasi Umum  Andi Sri Juliarty, Hadir juga anggota DPRD Balikpapan H. Andi Arif Agung SH dan H. Ali Munsjir Halim SE. Mendatangi para penjual di pasar Ramadhan tersebut untuk membeli beberapa makanan dan minuman yang nantinya akan diambil sampelnya untuk dilakukan uji POM. 

Pengambilan sampel beberapa makanan ini dilakukan guna mengantisipasi adanya penggunaan bahan zat pewarna makanan hingga formalin yang tentunya sangat berbahaya jika dikonsumsi. Mobil untuk Uji POM sendiri sudah tersedia di area pasar Ramadhan sehingga langsung dapat dilihat hasil dari sampel makanan tersebut.

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud menyampaikan ada beberapa makanan yang telah diambil untuk uji sampel seperti minuman, sayuran, ikan dan beberapa kue kue basah maupun kering. Beberapa makanan tersebut telah diberikan kepada petugas uji POM yang berada di sekitar area pasar Ramadhan dan langsung dilakukan pengecekan.

“ Ada banyak sampel yang kita ambil hari ini, mudah – mudahan jangan sampai ada yang menggunakan pewarna maupun bahan formalin,” ujarnya.

Jika saat dilakukan pengecekan terdapat beberapa makanan yang mengandung bahan pewarna Pemerintah Kota akan memberikan teguran kepada pedagang agar hal tersebut tidak diulang Kembali.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kota Balikpapan Alwiati menyampaikan bahwa harapan kedepannya semua takjil yang dijual di Kota Balikpapan aman dan sehat bagi masyarakat Kota Balikpapan.

" Kita tidak ingin hal-hal yang tidak diharapkan nantinya terjadi, seperti membeli takjil namun justru membuat kita tidak sehat," pungkasnya. (tri)