KPU Balikpapan Gelar Sosialisasi Penetapan Jumlah Kursi,Dapil dan Mekanisme Pengajuan Bakal Calon Anggota DPRD Balikpapan Dalam Pemilu 2024

KabarIkn.com,Balikpapan - KPU Kota Balikpapan melaksanakan tahapan Sosialisasi Penetapan Jumlah Kursi dan Daerah Pemilihan, dan Mekanisme Pengajuan Bakal Calon Anggota DPRD Kota Balikpapan Dalam Pemilihan Umum Tahun 2024. Kegiatan sosiasialisasi ini bertempat di Hotel Blue Sky Balikpapan, Kamis (27/04/2023).

Ketua KPU Kota Balikpapan , Noor Thoha menyampaikan untuk penetapan jumlah kursi dan dapil sudah sering di sosialisasikan. Dalam hal ini yang terpenting adalah bagaimana partai politik dapat mengusung bakal calon mereka ke KPU sesuai dengan syarat maupun mekanismenya dan ini betul-betul agak krusial.

" Ini dikatakan krusial karena ada sedikit perbedaan dengan PKPU yang lama," kata thoha.

Untuk pencalonan kali ini Partai Politik ( Parpol ) diberi keleluasaan untuk ada perubahan - perubahan sampai selesai masa Daftar Calon Sementara ( DCS ). Hal lainnya juga menjadi penting karena syaratnya cukup rumit dan melibatkan banyak instansi.

" Makanya KPU hari ini mengundang seluruh instansi terkait. Karena para instansi tersebut yang mengeluarkan surat untuk menjadi kelengkapan syara bakal calon tersebut," ujarnya.

Terkait syarat mengenai ijazah, Noor Thoha menjelaskan bahwa ini memang agak krusial. Karena pada beberapa kasus di pencalonan sebelumnya seperti ijazah hilang. Jadi, ijazah yang diserahkan nanti paling pokok adalah ijazah SMA dan jika dia memiliki gelar maka harus menyerahkan ijazah sesuai dengan gelarnya. 

" Disini ijazah menjadi dasar pencalonan mereka, nama dan ijazah nanti harus clear," imbuhnya.

Thoha menambahkan terkait jumlah kursi, setelah mereka hitung berdasarkan jumlah penduduk di setiap kecamatan ternyata di kecamata Balikpapan Utara dan Balikpapan Timur penambahan jumlah penduduk cukup signifikan terutama di Balikpapan Timur dan Balikpapan Selatan , maka dari itu ada pergerakan perubahan kursi disana.

" Jumlah kursi sesuai dengan range jumlah penduduk antara 500 - 500 juta itu jumlah kursinya 45,kecuali diatas 1-3juta baru jumlah kursinya 50," pungkasnya. (tri)

feed

Feed not found.