Gelar Rapat Koordinasi , KPU RI Pastikan Para Anggota KPU Kalimantan Timur Siap Laksanakan Tahapan Pemilu 2024

Foto : Komisioner KPU RI , Parsadan Harahap

KabarIkn.com,Balikpapan - Rabu ( 27/07/2022) , KPU Provinsi Kalimantan Timur menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Penyelenggaraan Tahapan Pemilu Serentak Tahun 2024 KPU Prov Kaltim dan KPU se - Kabupaten/Kota se-Kaltim via Zoom Meeting di KPU Kota Balikpapan.

Kunjungan ini merupakan bagian dari cara KPU RI untuk memastikan bahwa para anggota di jajaran KPU Provinsi Kaltim sampai ke Kabupaten/Kota dipastikan bahwa mereka siap untuk melaksanakan semua tahapan - tahapan pemilu yang sekarang sudah masuk dalam proses pendaftaran dan Verifikasi Partai Politik.

Komisioner KPU RI , Parsadan Harahap menyampaikan selama ini memang koordinasi dilakukan dari Jakarta. Tetapi , saat ini mereka mengambil sample selain di provinsi ada di Kota Balikpapan dan akan bergerak ke Penajam Paser Utara ( PPU ) dan dalam pantauan beliau sebagai koordinator wilayah dipastikan bahwa para anggota KPU siap untuk melaksanakan semua tahapan pemilu 2024 di Kalimantan Timur termasuk persiapan yang harus dilakukan dari sekarang terkait Pilkada.

" Setelah pemilu di bulan Februari , kita akan mengadakan pilkada di bulan November tahun 2024 maka dikatakan Pemilu dan Pilkada serentak. Melalui Zoom kita juga memastikan teman - teman di luar Balikpapan dan PPU mereka siap secara kelembagaan , secara personal dan tinggal kita support dengan anggaran yang saat ini masih diintensifkan komunikasinya dengan pihak Kementrian Keuangan," ujarnya.

Dalan rapat koordinasi tadi mereka lebih membahas kepada penguatan dan arahan terkait dengan tugas - tugas para anggota KPU di tingkat Kabupaten. Misalkan dalam proses verifikasi partai politik sudah jelas konsepnya bahwa mereka melakukan tiga kegiatan , di bagi 3 porsi ada yang dilakukan oleh KPU RI , KPU Provinsi dan Kabupaten.

Untuk Tahapannya akan ada , di tanggal 1 - 14 Agustus 2022 itu posisi proses pendaftaran Partai Politik ada di KPU RI dan sample faktualisasi dukungan keanggotaan itu dilakukan oleh para anggota KPU Kabupaten selain verifikasi faktual data yang sudah diberikan kepada KPU RI sesuai dengan data kepengurusan dan keberadaan kantor partai politik yang ada di tingkat Kabupaten/Kota.

Foto : Ketua KPU Kota Balikpapan , Noor Thoha

Selain itu terkait kegiatan ini , Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha menyampaikan di KPU Balikpapan dan KPU Kabupaten lainnya dalam hal Sumber Daya Manusia ( SDM ) masih banyak kekurangan. Pada idealnya KPU Kabupaten/Kota memiliki 17 PNS atau ASN dan di Kota Balikpapan sendiri baru 8 , saat ini juga terjadi kekosongan sekretaris.

" Masalah - masalah ini akan di evaluasi oleh pak Parsadan Harahap dan segera ditindak lanjuti. Yang jelas sebelum tahun 2024 memasuki tahapan - tahapan krusial semuanya sudah clear," Kata Noor Thoha.

Sebentar lagi akan dibuka pendaftaran Partai Politik dan masih terpusat kegiatannya di KPU RI , Jadi KPU Kota Balikpapan akan melakukan sosialisasi terhadap PKPU No 4 yang mengatur tentang pendaftaran , verifikasi administrasi dan verifikasi faktual partai politik.

" Nanti kita akan lakukan sosialisasi dengan mengundang stekholder dan seluruh partai politik yang ada di Kota Balikpapan,"pungkasnya. ( tri )

feed

Feed not found.