[Valid RSS] Jadwal Pemilu Serentak Tahun 2024 Sampai Saat Ini Belum Ditetapkan - kabarikn

Jadwal Pemilu Serentak Tahun 2024 Sampai Saat Ini Belum Ditetapkan

KabarIkn.com,Balikpapan - Terkait dengan persiapan menjelang pemilu serentak tahun 2024 sampai saat ini masih menjadi perdebatan untuk penetapan tanggal , waktu pemungutan dan perhitungan suara karena seluruh jadwal tahapan diatur oleh pusat.

Ketua KPU Kota Balikpapan , Noor Thoha menyampaikan bahwa KPU hanya mengusulkan untuk pemungutan perhitungan pemilu Presiden , DPR, DPD dan DPRD di tanggal 21 Februari 2024. Sementara itu , Pemerintah mempunyai usulan tanggal dilakukan pemilu pada bulan Mei. 

" Sebenarnya mau dilakukan pada bulan Mei atau Februari KPU tidak masalah selama memang tidak ada jadwal yang krusial. Jadwal krusial seperti disatu sisi pemungutan suara , otomatis kita fokus di pemungutan suara dan jangan sampai ada tahapan yang lain ," Kata Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha saat ditemui di ruang kerjanya , Selasa ( 21/12/2021 ).

KPU mengusulkan pada tanggal 21 Februari 2024 untuk pemilu dan 28 November 2024 untuk pilkada , jadi pemilu dan pilkada dilakukan pada tahun yang sama.

Otomatis ada tahapan yang beririsan di pencalonan kalau nanti pemilu dilaksanakan pada bulan Mei , tetapi kalau pemilu dilaksanakan pada bulan Februari sesuai dengan yang KPU usulkan tidak akan ada tahapan yang beririsan.

" Jadi nanti pada saat pemungutan dan perhitungan suara pemilu kita akan fokus disana , nanti hasil dari pemilu itu digunakan untuk mengusung pilkada yang otomatis terjadi koalisi dalam hal satu parpol tidak dapat mengusung sendiri," imbuhnya.

Noor Thoha menambahkan bahwa sampai saat ini tanggal pemungutan belum ditentukan oleh pemerintah. ( tri )