[Valid RSS] Persiapan Hadirnya IKN, PJ Gubernur : Balikpapan Harus Segera Buka Akses ke Daerah Sekitar - kabarikn

Persiapan Hadirnya IKN, PJ Gubernur : Balikpapan Harus Segera Buka Akses ke Daerah Sekitar

KabarIkn.com,Balikpapan – Pejabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik menegaskan Balikpapan harus membuka akses ke daerah sekitarnya. Hal ini disampaikannya selepas membuka Job Market Fair 2023 di Balikpapan, Jumat (1/12/2023). 

Adapun tantangan terbesar yang dihadapi Kaltim saat ini adalah meningkatkan kualitas dan kuantitas lapangan kerja. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim, sebutnya, sudah berupaya menciptakan iklim investasi yang kondusif bagi dunia usaha. Sehingga bisa meningkatkan jumlah lapangan kerja di wilayah ini. 

Hal ini guna mengantisipasi hadirnya Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kaltim. Di mana Balikpapan menjadi kota penyangga bagi IKN.

“Sebagai hub IKN, kita berharap Balikpapan ini kan daerah yang sudah eksis, jadi bisa mentrigger, karena ini sudah maju, fasilitas sudah ada. Kemajuan di Balikpapan bisa menjadi diskriminasi bagi daerah sekitarnya, ada Paser, ada PPU, ada Kutai Timur, juga Kutai Barat,” beber Akmal.

“Jadi Balikpapan bisa membuka akses bagi daerah-daerah sekitarnya, sehingga aksesisibilitas yang terbangun ini bisa membuka ruang bagi pengembangan daerah-daerah sekitarnya,” sambungnya.

Menurut Akmal, hal tersebut perlu segera dilakukan agar Balikpapan sebagai hub IKN tidak menanggung bebannya sendiri. Mengingat pertumbuhan IKN nantinya yang akan bergerak cepat seiring pembangunan yang begitu masif dan perpindahan ASN ke IKN yang terus dilakukan secara bertahap. 

“Balikpapan akan meledak, karena IKN akan bertumbuh dengan cepat. Kalau Balikpapan tidak mampu membuka akses ke daerah-daerah sekitarnya, maka kasihan Balikpapan nanti akan menanggung beban sosial dan beban dampak ekonomi yang besar nanti,” terangnya. 

Untuk itu, Akmal Malik meminta Balikpapan untuk bersiap menghadapi pembangunan dan pertumbuhan IKN. 

“Balikpapan harus mampu melakukan langkah-langkah membuka akses ke daerah-daerah sekitarnya. Jangan di tanggung sendiri bebannya oleh Balikpapan, tetapi harus menjadi hub bagi daerah-daerah sekitarnya,” tandas Akmal. (tri/adv/diskominfo kaltim)